36 Ruas Jalan Dalam Kota Muara Teweh di Overlay

OVERLAY JALAN DALAM KOTA – Pemkab Barito Utara (Barut) melalui Dinas PUPR setempat melakukan overlay jalan dalam kota Muara Teweh. Tampak para pekerja melakukan perapian aspal di Jalan A Yani Muara Teweh, Minggu (2/4/2023). (Foto : Media Dayak/Dinas PUPR Barito Utara)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara (Barut) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat pada tahun anggaran 2023 ini melaksanakan pekerjaan peningkatan tebal lapis tambah (Overlay) jalan di beberapa ruas titik dalam Kota Muara Teweh.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M Iman Topik, Senin (03/04), mengatakan, pada tahun anggaran 2023 ini, Pemkab Barito Utara melalui Dinas PUPR setempat melakukan peningkatan tebal lapis tambah atau overlay jalan di 36 titik ruas dalam kota Muara Teweh.

“Ada 36 ruas jalan yang akan dilakukan Overlay pada tahun anggaran 2023 ini. Anggaran perbaikan jalan ini dari APBD Kabupaten,”kata M Iman Topik, Senin (03/04).

Adapun ke 36 ruas jalan yang di oberlay yaitu Jalan Sudirman II, Jalan Sudirman III, Jalan Imam Bonjol, Jalan Dahlia, Jalan Cempaka Putih, Jalan Piere Tendean, Jalan Maluku, Jalan Sumbawa, Jalan Sengaji, Jalan Rajawali dan Perwira.

Kemudian, Jalan Bangau, Jalan Panglima Batur, Jalan Durian, Jalan P Antasari, Jalan Manggis, Jalan Merdeka 1,2, Jalan Mangkusari, Jalan Pramuka, Jalan Pramuka 1, Jalan Samping Stadion, Jalan Padat Karya, Jalan Nenas, Jalan Akasia dan Jalan Yetrosinseng.

Selanjutnya, Bundaran Dermaga, Jalan Semoga Indah, Jalan Semoga Indah II, Jalan Lembaga – II, Jalan Taman Remaja, Bundaran Bupati, Jalan A Yani, Bundaran Buah, Bundaran Jaring (Bundaran Patung), Jalan Temenggung Surapati dan Jalan Merak.

Dikatakan, Kadis PUPR, pekerjaan tersebut dimulai pada Sabtu tanggal 1 April 2023 sampai dengan 7 September 2023. Yang dikerjakan oleh PT Cipta Karya Mitratama Mandiri Pusat Kapuas dengan masa pekerjaan selama 210 hari kalender.

Selain melaksanakan overlay kata Kadis PUPR, juga dilakukan pekerjaan Patching Beton di beberapa ruas jalan dalam kota Muara Teweh.

“Dalam melaksanakan pekerjaan itu, kami dari Dinas PUPR juga berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan Barito Utara, sehubungan adanya pelaksanaan kegiatan paket pekerjaan pengaspalan (overlay),”kata M Iman Topik.

M Iman Topik juga menghimbau kepada warga masyarakat Barito Utara yang tengah mengunakan akses ruas jalan tersebut, kiranya dapat berhati-hati dan menyesuaikan dengan keadaan, menginggat saat pelaksanaan pekerjaan terdapat material, alat berat, personil kerja yang berpengaruh kepada kelancaran arus lalu lintas, mohon dukungan dan kerjasamanya.

M Iman Topik juga menambahkan, untuk ruas Jalan Kandui – Muara Teweh – Jalan Meranti (Pasar Dermaga) – Lingkar Kota- Jalan Pendreh – Kalan Pertiwi – Simpang Dinas Perhubungan – Puruk Cahu merupakan kewenangan dari Balai Jalan dan Jembatan (Kementerian PUPR) atau jalan nasional.

Sementara, Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, mengatakan, pelaksanaan overlay ini dalam rangka penataan ruas-ruas jalan dalam kota Muara Teweh, menginggat sudah ada beberapa ruas yang mengalami kerusakan disamping juga Pemerintah Kabupaten melakukan perindahan kota Muara Teweh.

Menurut Bupati,  program ini sebenarnya sudah lama direncanakan, namun diketahui bersama bahwa 2 tahun kebelakang kita tengah focus mengalami pandemi COVID-19 dan seluruh anggaran dialokasi untuk penangganan sebaran Covid-19 sesuai aturan dan ketentuan yang ada.

“Alhamdulillah tahun 2023 ini program overlay dalam kota Muara Teweh dapat terlaksana, mohon doa dan dukungan dari kita semua agar selama pelaksanaan kegiatan tidak mendapatkan kendala dan semua berlangsung dengan aman dan lancar,”kata Bupati. (lna/rsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait