Damkarmat Selalu Siap dan Siaga

Kabid Damkarmat, di Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan, Yoshua Paskaputra ST.(Media Dayak/Ist)
Kasongan, Media Dayak 

Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, disingkat Damkarmat di bawah Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan selalu siap dan siaga di mana pun terjadinya kebakaran dan bencana apapun juga. Demikian tegas Kasat Pol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan Pimanto melalui kabid Damkarmat setempat, Yoshua kepada sejumlah awak media, Rabu (8/5) kemaren, di ruang kerjanya. 
Adapun tufoksi Damkarmat Yoshua, di mana terjadinya kebakaran, baik kebakaran perumahan penduduk maupun kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di situ pula ada Damkarmat. Jadi jangan salah persepsi, bahwa Damkarmat hanya memadamkan terjadinya kebakaran di perumahan penduduk saja. “Tapi, kebakaran karhutla pun Damkarmat selalu wajib untuk memadamkannya,” ujarnya. 

Adapun jumlah personil Damkarmat samai hari ini menurutnya berjumlah  123 orang. Dari 123 orang ini. Sedangkan Pos untuk pelayanan, selain berkantor di  Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan di Kasongan, juga tersebar sembilan Pos yang ada di beberapa wilayah Kecamatan. Diantaranya, di Kelurahan Tumbang Sanaman Kecamatan Katingan Hulu, di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah (terdiri 2 Pos), Kelurahan Pegatan Hilir Kecamatan Katingan Kuala dan di beberapa wilayah Kecamatan lainnya.
Sedangkan armada Damkarmat yang dimiliki saat ini, lanjutnya, sudah lumayan banyak, utamanya untuk kendaraan roda empat, lengkap dengan mesin damkarnya. Begitu pula untuk damkar di pedesaan menggunakan damkar slip on (mobil pik up) yang sudah dimodifikasi. “Khusus untuk di pedesaan tidak bisa menggunakan truk damkar dengan alasan struktur tanahnya yang turun naik. Sehingga, hanya menggunakan kendaraan damkar slip on,” terangnya.
Sementara untuk di Kelurahan Pegatan Hilir dan di Kelurahan Pegatan Hulu Kecamatan Katingan Kuala kendaraan damkarnya menggunakan kendaraan bermotor  roda tiga yang dilengkapi dengan pompa damkar fortable dan pompa apung untuk kebakaran di DAS Katingan atau di sungai-sungai lainnya. 
Terkait Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Damkarmat menurutnya pada tahun 2023 yang lalu Damkarmat pernah mengirim personil sebanyak 15 orang ke Ciracas untuk pendidikan dan pelatihan (diklat), dengan tujuan untuk meningkatkan SDM di bidang Damkarmat, dan mendapatkan predikat pertama secara nasional. Kemudian’ pada tahun 2024 ini diberangkatkan lagi sebanyak 13 orang, dengan tujuan yang sama, dan mendapatkan predikat kedua. “Pada tahun 2025 nanti akan kita berangkatkan lagi sebanyak belasan orang,” ujar mantan PNS di Dinas PUPR ini. (Kas/Lsn)
 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait