18 Dokter Dilantik Dan Diambil Sumpah

SAG Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Herson B Aden saat menyampaikan sambutan, Kamis (12/5/2022). (Media Dayak/MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Staf Ahli Gubernur (SAG) Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Herson B Aden mengucapkan selamat dan sukses kepada 18 Dokter baru yang telah berhasil menempuh dan menyelesaikan studi pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (UPR).

“Serta berterimakasih kepada RSUD dr Doris Sylvanus, RS jejaring dan Institusi lain terkait, yang telah berkontribusi dalam peningkatan kualitas dan kuantitas SDM bidang kesehatan dalam rangka mendukung pembangunan di Provinsi Kalteng,” terangnya saat menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan XX Fakultas Kedokteran UPR di Aula PPIG Fakultas Kedokteran, Kamis (12/5/2022).

Saya juga ucapkan selamat katanya melanjutkan, kepada keluarga dokter baru yang telah bersusah payah mendukung kelancaran pelaksanaan pendidikan putra-putrinya dengan tetesan keringat, air mata dan doa, sehingga pada hari ini berhasil dilantik dan diambil sumpah sebagai dokter.

Herson menjelaskan, bahwa profesi dokter adalah profesi yang mulia. Ketika seorang dokter berhasil menyembuhkan seorang pasien, dia tidak hanya membahagiakan pasien tersebut, tetapi juga keluarga dan orang-orang terdekatnya. Oleh karena itu jalankan tugas sebagai Dokter profesional yang amanah dengan tetap menerapkan etika kedokteran sesuai ilmu dan menerapkan sesuai sumpah dokter.

“Pencapaian ini tentu bukanlah akhir tapi awal dari pengabdian kepada masyarakat, untuk itu jangan berhenti menimba ilmu dan mengikuti perkembangan teknologi. Teruslah mengupdate ilmu dan keterampilan di bidang kedokteran sehingga memiliki daya saing jika dibandingkan dengan dokter dari luar negeri yang akan semakin banyak datang ke negara kita di tengah era globalisasi saat ini,” jelasnya.

Pada sisi lain Herson menyebut Pemprov Kalteng saat ini sedang mempersiapkan regulasi untuk peningkatan kualitas SDM di bidang kesehatan melalui bantuan pendidikan formal dan informal, spesialis dan subspesialis. Pada kesempatannya nanti agar kebijakan ini dapat digunakan sebaik mungkin, untuk meningkatkan profesionalitas dan kompetensi para dokter.

“Untuk itu, saya berharap seluruh Dokter lulusan UPR mengambil dan memilih program intersip di seputaran Wilayah Kalteng, hal ini diharapkan untuk mengisi kekurangan tenaga kesehatan khususnya profesi Dokter di Wilayah Kalteng,” pungkas Herson.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran UPR Syamsul Arifin menyampaikan bahwa acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan XX Fakultas Kedokteran merupakan acara pertama setelah pandemi.

Syamsul juga mengucapkan selamat kepada Dokter baru dan Orang Tua Dokter baru. Hasil ini tentu diperoleh dengan perjuangan yang sangat berat.

“Kelulusan periode ini merupakan kelulusan yang membanggakan bagi civitas akademika fakultas kedokteran karena pertama kali ikut ujian lulusnya 100 persen. Ini membuktikan bahwa kualitas pendidikan kedokteran di UPR tidak kalah dengan Universitas lain di Pulau Jawa dan akreditasi fakultas kedokteran adalah B,” terangnya.

Fakultas Kedokteran sejak tahun 2016 sampai sekarang telah meluluskan dokter sebanyak 226 orang. Termasuk 18 dokter yang hari ini. Jumlah tersebut telah ditempatkan di berbagai Institusi Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan di Kalteng dan dibeberapa daerah Pulau Kalimantan dan ada yang telah melanjutkan jenjang pendidikan magister maupun dokter spesialis.

“Kepada 18 Dokter baru, kalian tidak boleh berhenti menimba ilmu dan mengikuti perkembangan teknologi pada saat ini. Kami berharap kepada 18 dokter baru dapat memanfaatkan program intersip yang nanti akan dilaksanakan selama 1 tahun untuk meningkatkan pengetahuan dan pelatihan sebelum kalian menjalankan praktek mandiri di masyarakat,” pungkasnya. (MMC/Ytm/Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.