100 UMKM Mendapat Pelatihan DEA, TA dan GTA

100 orang warga Katingan sebagai peserta yang mengikuti pelatihan DEA, TA dan GTA di aula kanto Beppedalitbang Kabupaten Katingan, Senin pagi (3/6/2024).(Media Dayak/Ist)
Kasongan, Media Dayak 
100 orang warga Kabupaten Katingan, khususnya para pelaku usaha perorangan, dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat pelatihan Digital Entrepreneuship Academy (DEA), Thematic Academy (TA) dan Goverment Transformation Academy (GTA) tahun 2024 oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Katingan, melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan yang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Katingan, Senin pagi (3/6), di aula kantor Bappedalitbang Kabupaten Katingan.
 
Adapun yang membuka kegiatan tersebut, adalah Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful yang diwakili oleh staf akhli Ganti Yapman. Sedangkan yang ikut hadir, selain kepala Diskominfostandi setempat Wim Ngantung dan kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Henny, juga sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Katingan dan sejumlah pendamping UMKM serta sejumlah narasumber dari BPSDM Kominfo wilayah Kalimantan di Banjarmasin selaku pengajar.
 
Pj Bupati Katingan Saiful dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan staf akhli Bupati, Ganti Yapman mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat, pelaku UMKM, ASN pada perangkat daerah serta para guru dan tenaga pengajar di Kabupaten Katingan pada bidang komunikasi dan informatika dalam upaya percepatan trasformasi digital di tingkat Pemerintah Daerah (Pemda) serta mewujudkan pilar masyarakat cerdas dalam rangka menuju Smart City di Kabupaten Katingan. 
 
Sekedar diketahui, lanjutnya, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepakatan antara BPSDM Kementrian Kominfo RI dan Pemkab Katingan tentang peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika di Kabupaten Katingan yang ditandatangani pada 11 Agustus 2022 yang lalu. “Sementara, untuk tahun 2024 ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas SDM bidang Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Katingan,” kata Ganti Yapman. 
 
Akhir dari sambutannya, dirinya meminta kepada para peserta agar bersungguh-sungguh dan selalu aktif dari awal hingga berakhirnya pelatihan ini. Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. “Karena, pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan kompetensi dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari,” pintanya. 
 
Di tempat yang sama kepala Diskominfostandi, Wim Ngantung dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini digelar selama 12 hari, yakni sejak tanggal 3 Juni 2024 hingga tanggal 14 Juni 2024. “Sedangkan tempatnya, terdiri dari beberapa tempat, selain di aula Bappedalitbang ini,” kata Wim.Ngantung. (kas/Lsn) 
 
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait