⁠Papua Bagian Integral NKRI, Pembangunan Bumi Cenderawasih Terus Melesat Bersama Negeri

Oleh: Fernando Louis Kandani

Papua merupakan bagian integral yang tidak bisa terlepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), hal tersebut sebenarnya secara konkret terbukti dari bagaimana pembangunan di Bumi Cenderawasih yang terus saja melesat seiring kemajuan dan perkembangan bersama dengan negeri ini.

Bacaan Lainnya

Semakin ke sini, belakangan memang negeri ini mengalami banyak kemajuan dan perkembangan, yang mana hal tersebut tentunya akan secara langsung ataupun tidak langsung terasa pada seluruh pelosok bagian NKRI, termasuk Papua sebagai bagian integral bangsa.

Karena menjadi bagian integral yang sudah tidak bisa terlepaskan dari bangsa ini, maka menjadikan apapun yang terjadi pada NKRI, termasuk jika negeri ini berhasil mencetak prestasi seperti melesatnya kemajuan dan perkembangan, maka hal tersebut juga mampu berdampak pada Papua.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hana S Hikoyabi mengatakan bahwa Bumi Cenderawasih memang merupakan bagian tidak terpisahkan dari NKRI sehingga jangan sampai ada lagi pendapat yang terus menggulirkan isu, propaganda hingga bernama provokasi yang seolah mengemukakan kalau terjadi aneksasi.

Alih-alih aneksasi, justru bergabungnya provinsi paling Timur di Tanah Air itu ke dalam pangkuan Bumi Pertiwi pada tahun 1963 silam, merupakan sebuah integrasi yang mendatangkan banyak sekali berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Terlebih, bagaimana status dan kedudukan dari Papua sendiri terhadap NKRI di mata dunia melalui Persatuan Bangsa-Bangsa, dengan sangat tegas menetapkan bahwa Bumi Cenderawasih sah merupakan bagian integral negeri ini.

Bukti lain dari pengintegrasian Papua ke pangkuan NKRI tersebut adalah fakta menunjukkan kalau memang ada pahlawan kemerdekaan bangsa yang berasal dari tanah tersebut, yang mana beliau terus berjuang demi mempertahankan Indonesia dari para penjajah.

Bukan hanya itu, namun Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) selaku Kepala Pemerintahan negeri ini sangat ingin untuk terus mempercepat pembangunan di Papua, sehingga kini pemerintah telah menyusun rencana program yang akan berlangsung ke depan.

Terkait hal itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan berbagai macam pendekatan kesejahteraan di Bumi Cenderawasih.

Lebih lanjut, membahas mengenai bagaimana pendekatan kesejahteraan tersebut terlaksana, ternyata pemerintah akan terus berfokus pada beberapa bidang atau sektor penting yang memang menjadi fundamental dari perkembangan sumber daya manusia (SDM) di suatu wilayah.

Pemerintah akan berfokus untuk memperbaiki dan mengembangkan kualitas pada fasilitas pendidikan, kesehatan, keamanan dan lain sebagainya. Dengan juga Presiden Jokowi telah mewajibkan kepada semua Kementerian dan Lembaga terkait lainnya untuk memasukkan berbagai program demi Papua daam anggatan dan rencana kerja mereka.

Kini, dengan adanya berbagai macam program percepatan pembangunan peningkatan kesejahteraan di Tanah Papua oleh pemerintah, maka menjadikan perekonomian di berbagai daerah di Indonesia menjadi jauh lebih rata, tidak seperti sebelumnya tatkala terjadi ketimpangan cukup jauh antara satu daerah dengan wilayah lain, seperti antara Pulau Jawa dengan luar Jawa.

Tentunya hal tersebut sama sekali tidak lepas dari bagaimana peranan Presiden Joko Widodo yang semasa kepemimpinannya telah membangun sarana dan prasarana sangat baik di berbagai sektor di wilayah Indonesia bagian Timur sejalan dengan programnya yakni membangun bangsa ini dari pinggiran, utamanya adalah di Papua.

Ketua Pemuda Mandala Trikora Papua, Ali Kabiay menjelaskan bahwa tingginya intensitas kunjungan Kepala Negara ke Bumi Cenderawasih sebenarnya merupakan bagian kecil bentuk nyata dari besarnya kecintaan pemerintah RI pada masyarakat Orang Asli Papua (OAP).

Oleh karenanya, sebenarnya setiap elemen bangsa memiliki kewajiban yang sama yakni mendukung penuh upaya pemerintah tersebut dengan berbagai daya upayanya, termasuk salah satunya yakni dengan menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat pada daerahnya masing-masing.

Jangan sampai terus terjadi berbagai macam aksi anarkis yang sangat keji dari pihak tidak bertanggung jawab yang sangat tidak suka adanya integrasi antara Papua dengan NKRI seperti pada Organisasi Papua Merdeka (OPM) karena jika hal demikian terus terjadi, tentu sangat menghambat pembangunan di Bumi Cenderawasih bahkan pada berbagai sektornya, baik itu secara ekonomi ataupun sumber daya manusia (SDM).

Sejauh ini Pemerintah Pusat telah banyak sekali melakukan berbagai program pendekatan kesejahteraan untuk terus mempercepat pembangunan di Papua dengan bekerja sama pula bersama pihak lain seperti Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Inti dari pendekatan kesejahteraan tersebut adalah terus mengutamakan beberapa sektor penting seperti pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan hingga keamanan demi menciptakan masyarakat OAP yang meningkat taraf hidupnya.

Sudah tidak terbantahkan lagi bahwa Papua merupakan bagian integral tidak terpisahkan dari NKRI, sehingga menjadikan bagaimana pembangunan, kemajuan dan peningkatan atau perkembangan di Bumi Cenderawasih terus beriringan dan melesat bersama dengan negeri ini.

*) Mahasiswa Papua Tinggal di Jakarta

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait